Tag

, ,

baju gamisPerkembangan bisnis baju gamis belakangan semakin meningkat menyusul pertumbuhan industri tekstil dan produk tekstil di Indonesia yang juga makin menggembirakan. Jumlah produksi sector industry garmen ini selalu meningkat setiap tahunnya, baik dari skala rumah tangga atau home industry hingga industri besar yang menggunakan mesin garment sudah semakin canggih.

Industry pakaian jadi dan garmen merupakan sektor padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja, sehingga sektor ini perlu terus dikembangkan guna mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Apalagi yang dibutuhkan pada industry ini adalah tenaga yang trampil dan bukan pada tingkat pendidikannya.

Mesin jahit ditemukan pada abad 18 dan sejak saat itu teknologi mesin untuk membuat pakaian jadi pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Begitu juga industry garment juga mengalami perkembangan yang pesat dengan berbagai jenis mesin yang digunakan untuk membuat pakaian jadi dengan lebih gampang.

Untuk industri garment dalam skala yang besar, kebanyakan menggunakan jenis mesin garment yang lebih canggih dan bukan sekedar mesin jahit atau mesin obras yang banyak digunakan dalam industri rumah tangga. Sesuai dengan jenis dan ragam pekerjaan yang dilakukan industry garment penggunaan mesin pada industri pakaian skala industri memang lebih canggih.

Meskipun cara kerjanya mirip atau malah serupa dengan mesin jahit, namun mesin yang digunakan kalangan industry gamerment kebanyakan dilengkapi dengan teknologi, seperti mesin yang mampu memotong benang secara otomatis.

Bahkan dengan memasukkan program tertentu tentang bentuk jahitan, maka mesin semacam itu juga mampu melakukan jahitan terus menerus ataupun jahitan kunci, sehingga mampu memberikan hasil lebih rapi dantentunya juga lebih cepat. Dengan berkembangnya teknologi mesin garment ini pula yang mendorong pertumbuhan bisnis baju gamis juga makin cepat.