Tag

Aqiqah Jogja – Akikah atau Aqiqah merupakan ajaran Agama Islam yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur kepada Allah atas kelahiran anak. Bentuk syukur ini dilakukan oleh orang tuanya dengan melakukan penyembihan hewan korban agar dibagikan kepada tetangga dan orang yang membutuhkan di sekitar kita.

aqiqah-jogja

Menurut istilahnya, asal kata aqiqah dari kata Al-Aqqu yang mengandung arti memotong atau Al-Qoth’u. Para ulama Syafii maupun Hambali menyatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkadah yang sangat dianjurkan. Dasarnya adalah berdasarkan hadist Rasulullah yang menyatakan, “Anak tergadai dengan aqiqahnya dan disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari sejak kelahirannya) dan diberikan nama”. (Hadits Riwayat al-Tirmidzi, Hasan Shahih)

Aqiqah Jogja Mengajak Akikah Sesuai Sunnah

Untuk melaksanakan akikah, Aqiqah Jogja mengajak agar kita melakukannya sesuai sunnah yang diperintahkan Rasulullah seperti dikutipkan dari hadits di atas. Menurut kesepakatan para ulama pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ketujuh dari waktu kelahiran. Meskipun begitu, jika terlewat akikah bisa pula dilakukan pada hari ke-14, pada hari ke-21, atau kapan saja ia mampu melakukannya.

Lantas berapa jumlah hewan aqiqah yang disyaratkan?

Sedangkan hadits lain yang diriwayatkan Tirmidzy dan Ahmad menyatakan, dari Ummi Kurz Al-Kabiyyah RA, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu ekor kambing”.

Berdasarkan sabda Nabi tersebut, jumlah hewan akikah untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan anak perempuan cukup seekor kambing saja.

Begitu juga untuk jenis kambing aqiqah apakah harus yang jantan? Sesungguhnya dalam aqiqah ataupun udhiyah atau kurban tidak ditentukan adanya persyaratan tertentu bahwa hewannya harus yang jantan atau betina. Kedua jenis ini dapat dijadikan sebagai hewan kurban untuk aqiqah. Namun sebaiknya atau lebih diutamakan hewan yang dipilih jenis yang jantan, hal ini agar kelangsungan reproduksi hewan kurban tetap terjaga sebagai pertimbangannya.

Demikianlah pengertian dan ketentuan tentang akikah dari Aqiqah Jogja yang semoga berguna buat anda yang hendak melaksanakan sunnah Nabi tersebut untuk anak-anaknya.

Iklan