Siapa yang tidak suka daging ayam? Lauk favorit keluarga Indonesia ini memang tidak hanya nikmat, namun juga bergizi tinggi. Selain sebagai asal protein, dada ayam pula baik buat menurunkan berat badan, menjaga metabolisme tubuh, hingga anti-depresan alami, lho.

Cara pengolahannya pun cukup mudah, mulai berdasarkan digoreng, dipanggang, sampai dibakar. Maka tidak heran bila kita sering memasak dada ayam di tempat tinggal . Tetapi, ternyata terdapat beberapa hal yg perlu diperhatikan saat memasak dada ayam, lho. Bahkan beberapa dari kita pernah melakukan kesalahan ini.

memaasak ayam

Mencuci Dada Ayam

Sebaiknya tidak perlu mencuci dada ayam mentah dengan air mengalir. Bukannya menghilangkan bakteri yang ada pada ayam, engkau malah sanggup mengembangkan bakteri ke perabotan di lebih kurang wastafel. Bakteri tersebut adalah campylobacter yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Lihat juga: Resep Cara Membuat Masakan

Menggoreng Dengan Minyak Yang Belum Panas

Siapa yg suka tidak tabah menunggu minyak hingga panas ketika menggoreng ayam, nih? Padahal menggoreng ayam pada minyak yang telah panas dapat membuatnya lebih renyah, lho. Apabila mulai ada gelembung minyak, maka sudah relatif panas. Kamu juga bisa memasukkan remah roti atau secuil daging ke wajan, apabila mulai berdesis maka engkau siap menggoreng ayam.

Mencairkan Dada Ayam Dengan Microwave Atau Pada Suhu Ruangan

Saat ingin memasak ayam yg sudah dibekukan pada freezer, umumnya kita akan mencairkannya menggunakan microwave atau mendiamkannya pada suhu ruangan pada dapur. Namun, hal itu justru bisa mempercepat pertumbuhan bakteri. Lebih baik, pindahkan saja ayam beku tersebut ke kulkas.

Baca: Resep Masakan Chef

Kamu pula sanggup memasukkannya ke dalam kantung plastik dan rendam menggunakan air dingin.

Tidak “Mengeringkan” Dada Ayam Sebelum Dimasak

Sebelum dimasak, usahakan keringkan dada ayam menggunakan cara menepuknya dengan tisu atau paper towel. Hal ini buat mencegah dada ayam sebagai lebih lembab selama proses memasak, sebagai akibatnya hasilnya akan lebih renyah dan sedap. Lakukan hal ini untuk semua jenis olahan dada ayam ya, baik itu digoreng, dikukus, atau dibakar.

Baca: Resep Makanan

Tidak Membumbui Dada Ayam

Memakan dada ayam yang tawar tentu kurang nikmat. Jadi usahakan bumbui (marinating) ayam terlebih dahulu supaya lebih gurih. Apabila tidak ingin terlalu repot, engkau mampu menggunakan bawang putih, perasan jeruk nipis, rempah-rempah, & minyak sayur. Masukkan ke dalam wadah tertutup & diamkan selama ± 2 jam atau lebih sinkron taraf kegurihan yang engkau inginkan.

Memotong Dada Ayam Untuk Mengecek Kematangannya

Cara ini umum dilakukan mengingat daging dada ayam yang relatif tebal, tetapi memotong dada ayam justru bisa menghilangkan cairan (juices) sehingga ayam sebagai kering.

Lihat juga: Tips Resep Masakan

Langsung Memotong Dada Ayam Setelah Matang

Setelah matang, kamu niscaya langsung ingin memotong & mencicipinya. Eits, usahakan pisahkan dulu beberapa saat. Hal ini dapat menciptakan minyak (juices) menyerap ke semua daging, sebagai akibatnya dada ayam semakin nikmat.