Hewan ruminansia adalah salah satu kelompok hewan mamalia yang memiliki sistem pencernaan yang sama dengan manusia. Hewan yang masuk dalam kelompok ruminansia adalah sapi, kambing, rusa, dan lain sebagainya. Pakan ternak ruminansia juga cukup berbeda dengan pakan ternak yang lain.

Ragam Pakan Ternak Ruminansia

Kali ini kita akan membahas khusus mengenai macam-macam pakan ternak untuk hewan ruminansia, yaitu:

Rumput

Yang pertama dan yang paling terkenal adalah rumput. Pakan ternak yang satu ini masih dibagi lagi menjadi dua yaitu rumput padangan dan potongan. Rumput padangan ini bisa dilihat dari ciri-cirinya yang menjalar seperti rumput pangola, rumput para, dan lainnya.

http://mynameaan.berita.usm.ac.id/cara-mudah-memilih-bibit-belut-berkualitas.html https://andreswijaya.student.telkomuniversity.ac.id/daftar-pakan-ikan-koi-murah-terbaik/ https://blogs.itb.ac.id/akudandunia/2021/08/26/tips-memilih-toko-pakan-ikan-online-aman/ http://juhari.lecturer.uin-malang.ac.id/pakan-ikan-cupang-aman-berkualitas/ https://pkp.jurnal.stienisel.ac.id/duniaku/pentingnya-mengetahui-bahan-pakan-ternak-ikan-terbaik/ http://blog.fk.unsoed.ac.id/2021/08/26/jenis-ikan-hias-air-tawar-terpopuler-dan-termahal/ http://blog.ub.ac.id/hargajaketpriaterbarudanterbaik2021/pusat-jual-bibit-ikan-nila-lele-gurame-patin-mas-koi-belut-bawal/ https://thebanditon7.student.ittelkom-pwt.ac.id/pusat-jual-bibit-ikan-nila-lele-gurame-patin-mas-koi-belut-bawal/ https://student.blog.dinus.ac.id/mbs88situsjudislotonlineterpercayano1/ahmadfarm-pusat-jual-bibit-ikan-nila-lele-gurame-patin-mas-koi-belut-bawal/ http://blog.umy.ac.id/ariefriv/2021/06/07/panduan-cara-budidaya-ikan-hias-air-tawar/ https://ragamikan.com/ingin-budidaya-ikan-belida-perhatikan-tips-penting-ini https://student.blog.dinus.ac.id/hermawan/2021/02/22/budidaya-ikan-mas-rumahan-yang-menguntungkan/ https://blogs.uajy.ac.id/agusma/2021/02/21/kiat-membeli-bibit-ikan-bawal-murah-dan-unggul/

Kemudian untuk rumput potongan ini biasanya tumbuh secara vertikal dan tidak merambat. Contoh rerumputan ini antara lain adalah rumput benggala, rumput kolonjono, rumput gajah, dan masih banyak lagi lainnya.

Hay

Selanjutnya adalah hay yang merupakan pakan hijauan yang sudah dikeringkan, Bahkan untuk kadar airnya bisa tinggal 15% saja. Pembuatan pakan seperti ini bertujuan untuk mengawetkan pakan yang produksinya sudah berlebihan.

Pakan ini bisa diberikan pada saat musim kemarau tiba sehingga hewan ternak masih bisa makan bergizi. Cara mengeringkannya pun juga cukup mudah yaitu dengan dijemur di bawah sinar matahari saja.

Nah, itulah beberapa macam pakan ternak ruminansia yang bisa Anda ketahui. Pakan di atas bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia apalagi dengan lahan hijau yang masih sangat banyak. Dengan pengetahuan di atas diharapkan Anda dapat mudah memahaminya.